Sejarah

pinggiran

Kelahiran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti di Surakarta merupakan salah satu wujud kepedulian para alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Alumni Ekonomi Sebelas Maret Surakarta untuk ikut serta mengembangkan dunia perguruan tinggi.

Yayasan Alumni Ekonomi Sebelas Maret Surakarta berdiri pada tanggal 14 Desember 1992 dengan Nomor Akte Pendirian Yayasan No. 17 dihadapan Notaris Sri Hastuti Suradji, SH. Hal ini memang tak dapat dilepaskan dari tuntutan masyarakat yang semakin maju dalam memandang masa depannya, khususnya tersedia sumberdaya manusia yang handal dan terampil. Oleh karena itu, melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 104/D/O/1993 tertanggal 13 Agustus 1993, maka sejak tanggal 7 September 1993, secara resmi di Surakarta telah lahir perguruan tinggi baru yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti Surakarta dengan status Terdaftar untuk dua Jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen untuk Program S-1.

Keberadaan Kampus Mesen UNS merupakan bukti sejarah yang tak dapat terlupakan. Karena tempat tersebut merupakan tempat penandatanganan prasasti bersejarah sejak dilakukan penandatangan oleh Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah dengan Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (Prof. DR. Koento Wibisono Siswomiharjo). Oleh karenanya, kampus Mesen merupakan cikal bakal berdirinya STIE Atma Bhakti Surakarta.

Proses belajar mengajar untuk pertama kali berlangsung tahun 1993 di Kampus Mesen UNS Surakarta. Kegiatan proses belajar mengajar ini berlangsung sampai dengan Nopember 1996. Selanjutnya proses belajar mengajar berlangsung di tempat baru yaitu Kampus STIE Atma Bhakti beralamat di Jl. Adisumarmo No. 277 Banyuanyar Surakarta, Telephon (0271) 738970. Mulai bulan Pebruari 2007 STIE Atma Bhakti Surakarta telah menempati gedungnya yang baru yang beralamat di Jl. Letjen Sutoyo No. 43 Cengklik Surakarta (Utara SMA N 5) telephon (0271) 852523, Fax. (0271) 855474.

Leave a Reply